Google
 

Friday, December 28, 2007

Akhirnya Japan...

Veruse Shonan, kamar 703. Shonandai Kanagawa-ken, Fujisawa, Jepang
(Sabtu 29 desember 2007, AM 8:40)


Asslammualaikum semuanya...

Akhirnya saya sampai juga di jepang...sekarang di jepang sedang musim dingin...
Saya yang terbiasa dengan kehidupan panas di surabaya, di sini merasa sangat kedinginan...
Saya diberitahu oleh bozz saya, bahwa tahun ini musim dingin di jepang akan lebih dingin dari tahun lalu, dan sekrang ini dinginnya masih belum seberapa..(sampai gak kebayang seberapa dingin nanti).
Setelah lama sekali tidak melakukan aktifitas blogging, akhirnya saya dapat juga. 3 minggu saya harus menuggu untuk melakukan aktifitas ini. Dan mumpung sekarang sedang liburan musim dingin, saya manfaatkan saja untuk blogging.
Kesan pertama ke jepang, menurut saya jepang adalah negara yang sangat-sangat maju, mungkin kalau dibandingkan dengan amrik masih bisa dikatakan lebih maju jepang. Di sini semua serba otomatis, disiplin, dan untuk menemukan sampah di sini jarang sekali (semua orang jepang suka akan kebersihan) padahal saya jarang sekali menemukan tempat sampah di sini. Di sini juga jarang terlihat polisi. Saya pernah berbicara dengan anggota perusahaan (juga orang jepang), di sini memang jarang sekali ada polisi, semua orang jepang harus pintar-pintar menjaga diri, meskipun tak ada polisi mereka harus mawas diri. Saya katakan pada dia kalau di Indonesia banyak sekali polisi. Lantas dia tertawa, dia berkata "Saya tahu kenapa" tanpa dilanjutkan kata-kata lagi. Yah...emang bangsa kita pantas ditertawai :P.
Dan tidak hanya itu, saya menemukan fenomena yang lain. Ternyata orang jepang suka sekali dengan yang namanya pesta. Ada event sedikit, pasti mereka akan mengadakan pesta. Sampai 3 minggu ini saja, saya sudah mengikuti paling tidak mengikuti 4 kali pesta.Bisa dibayangkan seberapa pesta yang mereka adakan dalam setahun :-?.Di sini juga sedikit sekali saya temui anak muda. Usut punya usut, ternyata piramida kehidupan orang jepang berbanding terbalik dengan Indonesia. Kalau di Indonesia lebih banyak anak muda-nya dari pada orang tua, dan kalau di jepang Orang tua lebih banyak dari pada anak muda. Hal ini bisa dimaklumi, karena waktu yang mereka luangkan untuk keluarga sangatlah sedikit, mereka adalah orang-orang workaholic. Contoh bozz dan orang-orang di kantor saya. Mereka bahkan bisa kerja dari jam 9 pagi smp jam 10 malam. Nah lho, kalau sampai jam segitu pulangnya paling-paling langsung tidur. Oleh karena itu, saya juga melihat jarang sekali orang jepang yang keluar rumah di saat akhir pekan, kelihatannya mereka sedang melakukan aktifitas dengan keluarga mereka (membuat anak :P) . Dikarenakan piramida mereka berbanding terbalik, saya sering sekali melihat orang-orang tua di jepang dipekerjakan sebagai tenaga kasar (ex: pembantu, tukang cuci mobil, tukang ngepel, penjaga tol, dll). Dan ternyata anak-anak muda di jepang menjadi sangat pemalas akhir-akhir ini. Ini bisa dilihat dari dandanan mereka yang awut-awutan (menurut saya) dan kinerja mereka. Ini merupakan kesempatan bagi tenaga kerja asing untuk mencari kerja di jepang.

Sekian blog pertama dari saya setelah menginjakkan kaki di jepang.
Untuk foto-foto dan cerita dari saya tunggu di posting selanjutnya.

Ja ne.

3 komentar:

sayah mau sushiiiiiiiiiii...!!!

:P

smoga diJepang mengambil banyak hikmah...dan ketika kembali di Tanah Air menjadi lebih segalanya...amiennn

Amiinnn